Selamat pagi, apabila anda merupakan professional atau merupakan pemilik dari sebuah bisnis, dan hendak meningkatkan fokus organisasi / Perusahaan atau bisnis anda terhadap tingkat kepuasan pelanggan maka standar ISO 9001 dapat anda jadikan sebagai salah satu hal yang harus anda pertimbangkan untuk dapat diimplementasikan di organisasi / Perusahaan anda.
Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal mendasar yang menurut saya harus dapat diterjemahkan dengan baik oleh semua pelaku bisnis, apapun model bisnis yang dilakukan, entah itu sebagai penyedia barang, penyedia jasa, bahkan gabungan dari kedua model tersebut. Kepuasan pelanggan adalah salah satu parameter utama yang wajib diperhatikan apabila bicara tentang kualitas produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan.
Karena itulah, walaupun ISO 9001 bicara tentang kualitas, tapi persoalan mendasar yang ingin dijawab adalah bagaimana pelanggan tetap puas terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh Perusahaan / organisasi, sehingga diharapkan dengan standar kualitas yang baik dan terjaga, pelanggan akan tetap melakukan pembelian terhadap produk / jasa yang diberikan oleh kita. Meskipun tetap ada beberapa parameter lain selain standar kualitas yang menyebabkan pelanggan akan kembali membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.
Tingkat kepuasan pelanggan harus dapat diukur dengan baik oleh kita sebagai penyedia barang atau jasa, hal ini merupakan hal paling fundamental atau mendasar dari semua permasalahan di ranah bisnis. Pendekatan bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang harus terukur lalu dibandingkan dengan Tingkat kualitas barang atau jasa yang juga harus terukur dalam setiap tingkatan proses produksinya merupakan hal mendasar kenapa implementasi standar manajemen mutu ISO 9001:2015 merupakan hal yang wajib dilakukan.
Semua bentuk organisasi dapat melakukan implementasi peningkatan kualitas di seluruh produk dan jasa yang mereka jual dengan menggunakan standar manajemen mutu ISO 9001, hal ini tercantum di website ISO yang mengatakan keuntungan dari melakukan implementasi standar manajemen mutu ISO 9001 di Perusahaan mereka dapat meningkatkan antara lain :
- Tingkat kepercayaan pelanggan : standar ISO 9001 memastikan bahwa Perusahaan atau organisasi memiliki control kualitas yang baik, yang akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
- Resolusi keluhan terhadap masalah yang efektif : ISO 9001 menawarkan panduan untuk menyelesaikan keluhan pelanggan secara efisien, berkontribusi langsung terhadap pemecahan masalah yang tepat waktu dan memuaskan.
- Proses Peningkatan yang Berkesinambungan : standar ini mencoba untuk mengidentifikasi dan menghilangkan proses yang kurang efisien, mengurangi limbah, merampingkan operasional yang ada dan mempromosikan pengambilan Keputusan dengan didukung oleh informasi yang memadai, menghasilkan penurunan biaya dan produk akhir yang lebih baik.
- Optimalisasi Berkelanjutan : proses audit dan tinjauan yang rutin didorong oleh ISO 9001 memungkinkan Perusahaan atau organisasi untuk terus menyempurnakan system manajemen mutu mereka, tetap kompetitif untuk mencapai kesuksesan jangka Panjang.
Dengan sekian banyak hal positif yang bisa didapat dari implementasi system manajemen mutu berbasis ISO 9001, maka hendaknya setiap professional atau pemilik bisnis, dapat mulai memikirkan untuk berinvestasi terhadap implementasi ISO 9001 di organisasi atau Perusahaan mereka.
1 thought on “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan ISO 9001:2015”